Translate

Monday, March 4, 2013

Cara Menulis Huruf Hiragana A, I, U, E, O

Hari ini saya ingin men-share cara menulis huruf hiragana A, I, U, E, O.

Menulis huruf hiragana merupakan sebuah langkah awal untuk belajar bahasa jepang. Huruf ini merupakan dasar saat kita masih belum bisa menulis huruf kanji. Jadi untuk kita yang masih belajar, huruf hiragana ini merupakan sesuatu yang penting untuk dipelajari.

Berikut ini cara menulis huruf hiragana untuk bunyi A, I, U, E, O:

1. A
    huruf A dibuat dengan tiga kali goresan, yang pertama goresan horizontal yang dimulai dari kiri ke kanan. selanjutnya garis vertikal dari atas ke bawah. kemudian garis ketiga seperti membuat pusaran, seperti gambar dibawah.


2. I
    huruf I dibuat dengan 2 goresan. goresan pertama dari atas ke bawah, namun sedikit miring ke kanan. goresan melengkung diakhir goresan pertama berupa kuasan tipis. goresan kedua dibuat lebih miring ke kanan dari goresan pertama, seperti contoh dibawah.
 

3. U
    huruf U dibuat dengan dua goresan. goresan pertama berupa garis horizontal yang sedikit condong ke bawah. kemudian goresan kedua seperti membuat bentuk setengah hati, contohnya seperti dibawah.
 

4. E
    huruf E dibuat dengan dua goresan. goresan pertama sama seperti goresan pertama pada huruf U. goresan kedua hampir mirip bentuknya seperti huruf Z pada alfabet kecuali bagian bawahnya yang dibuat sedikit bergelombang seperti contoh dibawah.


5. O
    huruf O dibuat dengan 3 goresan. goresan pertama sama seperti goresan pertama pada huruf A. goresan kedua dibuat dengan menarik garis dari atas ke bawah melewati goresan pertama, kemudian dilengkungkan ke arah kiri dan dibuat spiral kembali ke arah kanan. goresan ketiga berupa garis pendek menyerong antara arah kanan dan bawah yang letaknya disamping goresan pertama. contohnya seperti dibawah.

Nah, itulah cara menulis huruf hiragana A, I, U, E, O. Semakin kita terus berlatih, maka semakin lancar dalam menulis huruf- huruf tersebut. Untuk selanjutnya cara menulis huruf KA, KI, KU, KE, KO





No comments:

Post a Comment